Disleksia Patut Diketahui, Inilah Jenis dan Penyebabnya

24 January 2019 / No comments yet

disleksia_20160614_170623

Berdasarkan data dari Asosiasi Disleksia Indonesia, 10 dari 15 persen anak sekolah menyandang disleksia. Disleksia sendiri merupakan suatu gangguan belajar yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca, mengeja, menuis , dan berbicara. Hal tersebut dapat dialami oleh setiap orang baik anak – anak maupun dewasa.
Disleksia tidak memiliki kaitan dengan kecerdasan seseorang dan gangguan ini dapat teridentifikasi sejak kecil. Adapun jenis – jenis disleksia adalah :
Dysnemkinesia
Gangguan pada tipe ini menjadikan penderita memiliki gangguan pada keterampilan motoriknya. Mereka akan kesulitas saat menulis. Tulisan mereka bisa jadi terbalik.
Dysphonesia
Gangguan pada tipe ini merupakan gangguan pada keterampilan mendengarkan sehingga penderita akan kesulitan saat mengucapkan kata – kata.
Dyseidesia
Gangguan pada tipe ini melibatkan keterampilan visual sehingga penderita akan kesulitan untuk mengetahui atau memahami kata tertulis.
Penyebab Disleksia
Penyebab utama dari disleksia biasanya dipengaruhi oleh faktor genetis. Sehingga gangguan ini dapat terjadi pada satu keluarga dengan riwayat yang sama. Selain itu, faktor penyebabnya adalah adanya gangguan pada fungsi otak. Mereka yang mengalami disleksi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghubungkan huruf ke suara yang mereka buat.
Contohnya , seorang pengidap disleksia pada saat mendengar kata “kucing” ia bisa membacanya “tac”. Hal itu karena kesulitan membaca yang mereka alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *