Khasiat Daun Bambu Kuning

10 July 2015 / No comments yet

BAMBU KUNING
Tahukah anda jika daun bambu bisa digunakan sebagai obat herbal? Ya, bambu merupakan tanaman sejenis rumput yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sebagai salah satu jenis rumput – rumputan, bambu merupakan rumput yang paling cepat tumbuh di antara jenis – jenis rerumputan yang lain. Ada berbagai jenis tanaman bambu yang ada di dunia. Tinggi tanaman bambu bahkan dapat mencapai hingga dua puluh meter. Hutan bambu sendiri bisa banyak ditemukan di negeri tirai bambu, Cina.

daun bambu kuningWalaupun sejenis rumput, tanaman bambu ini bisa bermanfaat mulai dari sebagai bahan makanan hingga untuk pengobatan. Untuk menemukan tanaman yang satu ini pun cukup mudah di negara kita tercinta ini, Indonesia.

Bahkan di Indonesia sendiri bambu yang masih muda atau sering disebut rebung sudah sejak dulu sudah dijadikan sebagai bahan masakan yang sangat lezat.

Selain dijadikan sebagai masakan, bambu yang memiliki struktur pohon yang keras biasa digunakan sebagai bahan furnitur. Tak jarang bambu juga digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Dan satu hal lagi yang mungkin belum banyak diketahui adalah, bambu dapat bermanfaat sebagai obat herbal. Bahkan di Cina, bambu sudah digunakan dan dirasakan khasiatnya di dalam dunia medis sejak dahulu kala.

Fakta Unik Bambu

Sebelum membahas terlalu banyak mengenai bambu, khususnya daun bambu, akan lebih baik jika mengenal lebih jauh mengenai tanaman yang satu ini. Ada beberapa fakta unik mengenai tanaman bambu, yakni:

Bambu bisa mengatasi polusi yaitu dengan menjadi penyerap karbondioksida yang sangat baik di antara tanaman – tanaman lainnya.
Di antara tanaman lain, bambu merupakan tanaman yang proses pertumbuhannya paling cepat. Bahkan bambu bertambah tinggi sebanyak lima sentimenter setiap jamnya.
Bambu menjadi obyek seni banyak seniman Cina.
Bambu merupakan tanaman yang tahan dari berbagai kondisi cuaca bahkan yang ekstrim sekalipun.
Bambu memiliki struktur pohon yang sangat kuat.
Bambu memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap.
Bambu bisa menetralkan suhu. Jika di dalam suhu dingin bambu dapat membuat suhu menjadi hangat, dan di dalam suhu panas bambu bisa mendinginkan suhu panas tersebut.

Kandungan dan Manfaat Kesehatan Daun Bambu

Khasiat daun bambu kuning ternyata telah dikenal di berbagai daerah di seluruh dunia. Di Cina, daun bambu sudah sangat umum digunakan sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Berbagai penelitian menemukan, daun bambu merupakan sumber flavonoid yang sangat baik. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk melawan dan mencegah berbagai penyakit. Untuk lebih lengkapnya, berikut macam – macam manfaat dari daun bambu:

1.Mengobati Sakit Demam
Daun bambu maupun tangkainya bisa digunakan sebagai obat demam yang sangat manjur. Di Cina, hal ini sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Cara untuk memanfaatkan bagian bambu yang satu ini adalah dengan mengumpulkannya terlebih dahulu. Kemudian, daun bambu yang sudah dikumpulkan harus melalui proses pengeringan. Selanjutnya, daun bambu yang sudah kering ditumbuk dan seduh dengan menggunakan air hangat. Minumkan pada penderita demam.

2.Meredakan Perasaan Cemas
Daun bambu yang dikeringkan juga bisa berguna perasaan cemas. Perasaan cemas dan gelisah biasa terjadi menyertai gejala sakit seperti demam, bisa juga saat mengalami depresi atau stress.

3.Mencegah Penyakit Kanker
Daun bambu dikenal tinggi akan antioksidan yang bisa menjauhkan tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga, daun bambu bisa dijadikan sebagai tanaman herbal untuk pencegahan penyakit seperti penyakit mematikan yaitu kanker atau penyakit jantung.

4.Mengobati Luka pada Kulit
Luka pada kulit seperti luka akibat tergores maupun luka lainnya pada kulit bisa menimbulkan bekas luka yang sangat mengganggu. Selain itu, keadaan luka pun bisa menjadi lebih para jika dibiarkan dan dimasuki oleh berbagai bakteri yang menempel dan masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut. Kandungan anti bakteri di dalam daun bambu bisa berguna sebagai obat luka pada kulit karena bisa membunuh bakteri – bakteri pada luka tersebut.

5.Mengatasi Gangguan Menstruasi
Beberapa wanita mungkin memiliki siklus haid atau menstruasi yang teratur, namun banyak juga para wanita yang mengalami siklus haid yang tidak bisa diprediksi, bahkan yang lebih menyiksa lagi, haid sering disertai dengan rasa sakit. Daun bambu bisa dimanfaatkan khasiatnya untuk mengobati berbagai gangguan menstruasi tersebut. Dengan teratur meminum ramuan dari daun bambu ini akan membantu memperlancar haid, menormalkan kembali siklus haid, mengobati pendarahan yang berlebihan serta mengatasi rasa sakit yang menyertai datangnya haid.

6.Mengobati Infeksi
Anti bakteri maupun anti inflamasi yang terdapat di dalam daun bambu, bisa menjadi sumber pengobatan yang baik untuk menyembuhkan infeksi serta pendarahan yang menyertainya.

7.Mengobati Sakit Diare
Di negara seperti India, daun bambu banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai gangguan dalam sistem pencernaan. Daun bambu memang dikenal mengandung kandungan yang cukup baik untuk mengatasi sakit seperti diare serta membantu melancarkan sistem pencernaan. Daun bambu juga memiliki efek mendinginkan jika anda mengalami perut yang terasa panas dan perih seperti setelah mengkonsumsi makanan pedas.

8.Membantu Membunuh Cacing – Cacing dalam Perut
Cacing di dalam perut bisa mengganggu sistem pencernaan. Pada anak – anak, kondisi perut yang cacingan bisa mengganggu proses pertumbuhan karena banyak gizi dari makanan yang malah diserap oleh si cacing. Gunakan daun bambu untuk membantu membantu cacing – cacing perut tersebut khususnya cacing pita.

9.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Di dalam daun bambu, terkandung banyak jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya yaitu potassium yang dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi dan menormalkannya kembali. Selain itu, potassium juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

10.Mengobati Mimisan
Kandungan di dalam daun dan juga tangkai bambu bisa menjadi obat yang manjur untuk mengobati pendarahan pada hidung atau yang biasa disebut mimisan. Penggunaan bambu untuk obat mimisan ini biasanya lebih banyak digunakan pada anak – anak.

11.Membantu Mengobati Radang Paru – Paru
Daun bambu memang memiliki rasa yang sedikit pahit. Namun, jangan salah, walaupun rasanya pahit daun bambu bisa menjadi obat alternative untuk mengatasi peradangan pada paru – paru. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mengeringkannya, kemudian diseduh atau direbus dengan air.

12.Menyembuhkan Batuk Berdahak
Bagian – bagian bambu memang mempunyai khasiat dan manfaatnya tersendiri. Untuk daunnya, kandungan di dalamnya bisa mengatasi produksi lendir atau dahak yang berlebihan. Produksi lendir ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada paru – paru. Keadaan seperti itu bisa menimbulkan gejala seperti batuk. Jika dibiarkan , kondisi gangguan pada produksi lendir bisa mempengaruhi dan mengganggu fungsi dari otak.

13.Mengobati Epilepsi
Kandungan di dalam daun bambu juga bisa berguna untuk mengobati penyakit epilepsi. Cara penggunaannya juga sama seperti penggunaan daun bambu untuk obat dahak yaitu dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu.

14.Mengobati Penyakit Tuberkolosis
Orang – orang Tibet sering menggunakan daun bambu sebagai ramuan yang dinamakan Ayurvedic untk mengobati penyakit tuberkolosis. Ini karena di dalam daun bambu mengandung sebuah zat yang dinamakan tabasheer serta salah satu jenis mineral yakni silica yang bisa berfungsi untuk mengatasi penyakit tuberkolosis ini.

15.Mengobati Sakit Tenggorokan
Kandungan seperti anti inflamasi dan anti bakteri di dalam daun bambu bisa digunakan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Bisa juga digunakan untuk menyembuhkan batuk biasa dan juga sinusitis.

16.Menyehatkan Kulit dan Rambut
Banyak produk kecantikan saat ini banyak yang mengguanakn bambu sebagai salah satu bahan utamanya. Ini karena bambu dapat berguna untuk membantu menyuburkan rambut dan mengembalikan kilau rambut serta menghitamkannya secara alami. Tak jarang, bambu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat aromaterapi.

Baik untuk rambut dan kulit:

Manfaat vitamin E
Manfaat daun kemangi

Sebagai informasi tambahan, daun bambu juga mengandung kandungan lain yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Kandungan tersebut adalah:

Zat stimulant
Zat Astringent
Zat Febrifuge
Zat Tonic
Zat Antispasmodic
Zat Aphrodisiac

Efek Samping Daun Bambu

Untuk penggunaan sebagai obat atau untuk tujuan konsumsi lainnya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti lapisan atau bulu – bulu halus pada daun bambu segar yang bisa mengakibatkan gatal – gatal. Meskipun efek samping lainny dari daun bambu ini belum banyak diketahui, tetapi mungkin dapat berefek tidak baik bagi beberapa kategori di bawah ini, yaitu:
Wanita hamil
Ibu menyusui, dan
Penderita gangguan tiroid
Beberapa orang bisa mengalami alergi pada daun bambu kuning

Semoga bermanfaat.
Sumber:http://manfaat.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *